Pages

Ads 468x60px

Jumat, 28 Juli 2017

3 Tips Kesuksesan Bisnis Sukanto Tanoto

pebisnis sukses sukanto tanoto

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu orang terkaya di Indonesia yaitu Sukanto Tanoto. Yang tercatat sebagai orang terkaya nomor 10 di Indonesia versi Majalah Forbes, total kekayaannya sebesar USD 2,1 miliar. Beliau merupakan pengusaha konglomerat yang berasal dari Indonesia, beliau memimpin perusahaan yang bernama PT Raja Garuda Mas yang memiliki basis di Singapura. Usahanya tersebut bergerak di bidang pengolahan sumber daya berbagai sekotor, khususnya sektor kelapa sawit dan sektor kertas. Karena fokus usahanya inilah akhirnya Sukanto Tanoto dijuluki sebagai Si Raja Kelapa Sawit Dan Raja Kertas.

Sukanto Tanoto merupakan salah satu dari sekian banyak pengusaha yang berhasil berinvestasi di berbagai negara, lebih dari 10 negara di dunia. Bila dilihat dari biografinya, beliau dilahirkan di Belawan, Sumatra Utara, pada tanggal 25 Desember 1949. Kegemaran beliau sejak kecil adalah membaca, buka apa saja dibaca olehnya hingga buku tentang Perang Dunia dan Revolusi Amerika juga sudah pernah dibacanya saat masih kecil. Beliau bercerita bahwa dulu sewaktu kecil kebiasaanya sepulang sekolah adalah membantu orang tuanya berjualan minyak, peralatan mobil, dan bensin sambil membaca buku. Sehingga dari situlah pertama kalinya Sukanto Tanoto belajar berbisnis, termasuk belajar tentang keuletan, pantang menyerah dalam kondisi apa pun, mencari solusi, hingga belajar menerima kenyataan.

Singkat cerita, Sukanto Tanoto meneruskan bisnis orang tuanya lalu pindah dari kota Belawan ke Medan dan mengubah usahanya itu menjadi General Contractor & Supplier. Hingga suatu ketika beliau menerima tawaran bekerja sama dengan salah seorang pejabat Pertamina dari Aceh. Kesempatan tersebut tidak disia – siakan oleh Sukanto Tanoto, sehingga beliau belajar banyak tentang teknik.

Selain itu beliau juga pandai dalam membaca peluang, melihat Indonesia kaya akan kayu akhirnya beliau mendirikan perusahaan kayu di Medan pada tahun 1972. Beliau memproduksi kayu lapis dan mengubah nama perusahaanya menjadi PT Raja Garuda Mas. Sehingga perusahaan tersebut terkenal hingga saat ini, dan produknya yang diberi nama Polyplex tersebut diimpor di berbagai negara pasaran bersama Inggris, Eropa, dan Timut Tengah.

Melalui Andreas Tanoto yang merupakan anak dari Sukanto Tanoto, membeberkan kunci kesuksesan dari Ayahnya tersebut. Andreas mengatakan bahwa Ayahnya selalu mengajarkan tiga faktor kesuksesan seorang pengusaha. Faktor yang pertama yaitu kegigihan. Sifat kegigihan tersebut sangat dibutuhkan dalam jiwa seorang pengusaha, hal ini disebabkan karena dalam berbisnis pasti tidak akan lepas dari cobaan. Jika pengusaha tersebut tidak gigih dan mudah menyerah saat cobaan datang, pasti kegagalan akan melanda usahanya.

Faktor yang kedua yaitu dalam berbisnis harus mampu berinovasi dan tidak berhenti dalam menciptakan perbedaan terhadap produk yang dihasilkan. Uniqueness adalah kunci sukses entrepreneur. Faktor yang ketiga yaitu pengusaha sukses harus memiliki semangat belajar yang tinggi, terutama belajar dari kegagalan dan pengalaman orang lain. Belajar dari kegagalan dapat menjadi bahan evaluasi sehingga kesalahan yang sama tidak terulang kembali.

Itulah sepak terjang Sukanto Tanoto berserta tiga tips kesuksesan bisnisnya. Semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar