Pages

Ads 468x60px

Senin, 22 Mei 2017

Syarat Menggunakan Busana Muslim Pria

Penampilan saja memang tidak bisa dikatakan sepenuhnya sebagai cerminan diri. Namun dengan penampilan, Kita akan dengan mudah mengenal seseorang untuk pertama kalinya. Tentu saja dalam mengenal seseorang ini Kita akan mengetahui mengenai bagaimana cara berteman atau pun menikahi seorang pria. Apabila banyak orang yang mengatakan bahwa orang baik bukan hanya dapat dilihat dari tampilan luarnya saja. Akan tetapi dengan kemauan untuk menggunakan penampilan luar yang lebih baik tentu saja akan mudah membentengi diri dari perbuatan yang tidak baik. Sehingga senantiasa terjaga dari tindakan yang buruk. Untuk mengetahui mengenai berbagai syarat menggunakan busana muslim pria hendaknya mengetahui beberapa poin penting seperti berikut ini.

Syarat menggunakan pakaian muslim untuk pria yaitu:

busana muslim pria

1. Tidak menutupi mata kaki

Ada larangan untuk tidak menggunakan baju yang panjang hingga menutupi mata kaki. Hendaknya kaum laki-laki yang menggunakan gamis dengan bagian bawahnya berada diatas mata kaki. Hal ini karena dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim yang mengatakan bahwa Allah tidak akan memberi rahmat bagi orang yang memakai gamis dengan bawahan baju yang menutupi mata kaki kemudian menyeretnya.

2. Menutupi auratnya

Dalam mengenakan pakaian untuk kaum laki-laki memang ada beberapa aturan. Salah satunya mengenai aurat yang tampak dari dirinya. Pada aurat laki-laki dimulai dari pusar hingga bagian lutut. Untuk itu mulailah menggunakan jenis pakaian yang panjang hingga dibawa lutut. Namun pada bagian bawahnya tidak boleh menutup mata kaki. Sehingga disarankan untuk ada pada bagian atasnya seperti keterangan poin pertama.

3. Menyerupai wanita

Fitrahnya laki-laki memang memiliki tenaga yang lebih kuat dan gagah. Sehingga apabila Anda mengenakan pakaian hendaknya menghindari yang menyerupakan wanita. Untuk membuat Anda menjadi lebih memenuhi aturan hendaknya mulailah menggunakan busana muslim pria yang sesuai untuk kaum laki-laki. Anda bisa langsung mengunjungi toko pakaian muslim untuk kaum pria yang sesuai dan cocok menurut kepribadian lelaki muslim.

4. Tidak transparan

Hendaknya apabila Anda menggunakan gamis pilihlah jenis yang tidak tembus pandang. Namun apabila Anda diberikan pakaian seperti ini tentu saja tidak mungkin untuk tidak digunakan. Terlebih jika pakaian ini merupakan sebuah hadiah. Cara yang paling mudahnya dengan menjahit ulang pada bagian dalamnya. Sehingga Anda dapat melapisi gamis tersebut dengan jenis kain yang lebih tebal. Tujuannya untuk menghindari pakaian tersebut tembus pandang.

5. Tidak terbuat dari emas dan sutra

Perlu Anda ketahui dan kenali bahwa pria memiliki larangan untuk tidak menggunakan jenis pakaian atau pun cincin yang terbuat dari emas. Namun biasanya hal ini digunakan pada saat menikah. Maka ada baiknya apabila Anda menggantinya dengan bahan lainnya. Hal ini dilakukan agar semua amalan baik yang dikerjakan akan memberikan hasil secara maksimal.

6. Bersih

Ada baiknya untuk mengenakan pakaian yang bersih dan wangi. Jenis pakaian seperti ini merupakan pakaian yang jauh dari hadast atau noda sehingga dapat membatalkan ibadah yang dijalani. Untuk kaum pria disarankan menggunakan wewangian saat pergi ke Masjid. Tentu saja hal ini berbeda dengan kaum wanita yang hendaknya tidak menggunakan wewangian secara berlebihan saat keluar rumah.

7. Pakaian yang sederhana

Meskipun Kita memiliki kekayaan yang banyak jumlahnya namun ada baiknya apabila saat mengenakan busana muslim. Mulailah mencontoh akhlak Rasulullah dengan menggunakan jenis busana muslim pria yang sederhana. Apabila Anda bersikap rendah hati tentu saja akan menghindarkan diri dari adanya sifat sombong. Dengan demikian hal baik yang akan didapatkan adalah mempermudah mendapatkan teman dengan akhlak yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar