Pages

Ads 468x60px

Kamis, 02 Januari 2014

Tips Menulis Buku Masakan

Kumpulan masakan dalam bentuk resep memang sudah banyak terdapat di toko buku, seperti contoh di artikel lama yaitu kuliner khas pulau sumatra. Namun tidak ada salahnya bila menulis buku masakan masuk dalam salah satu keinginanmu. Apalagi kita memiliki bakat memasak dan memang ingin menyumbangkan ide-ide menarik saat memasak, akan lebih baik dibukukan agar bisa membagi inspirasi pada yang lainnya. Berikut beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

1. Background
Background atau latar harus mendukung penampilan dari resep masakan. Jadi jangan sampai background malah menghilangkan fokus pembaca pada gambar masakan yang disajikan.

2. Wadah
Harus bisa memilih warna wadah untuk disesuaikan dengan warna masakan. misalnya masakan yang berwarna hitam jangan ditaruh dalam wadah yang berwarna hitam pula. sebaliknya, untuk masakan yang berwarna putih juga jangan ditempatkan dalam wadah yang berwarna putih. Karena tampilan masakan menjadi tidak terlihat saat difoto dalam gambar.

3. Referensi Kuat
Membuat masakan lezat atau mengolah resep andalan haruslah dengan referensi dan percobaan yang banyak. Oleh karena itu sebelum berpikir tentang menulis buku masakan secara keseluruhan, pastikan dulu resep yang ingin kamu tampilkan memang memiliki referensi yang kuat dan sudah terjamin baik rasa dan kualitasnya untuk jadi santapan.

4. Penataan dan Pengambilan Gambar
Ada baiknya menyewa juru potret profesional yang bisa memotret makanan dan menangkap kesan lezat dan baik dari makanan tersebut. Penataan makanan pun sangat penting untuk diperhatikan karena pembaca kebanyakan sangat detil dalam memperhatikan gambar makanan yang terdapat dalam buku kumpulan masakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar