Pages

Ads 468x60px

Kamis, 28 November 2013

Kuliner Khas Pulau Sumatera

Indonesia terdiri atas 17.000 lebih pulau yang saling menyambung. Sumatera merupakan Pulau terbesar di Indonesia. Keberagaman adat dan budaya yang terdapat di Pulau Sumatera tidak hanya berpengaruh pada karakteristik penduduknya tapi juga berpengaruh pada cita rasa masakan dari setiap daerah yang ada di Pulau Sumatera. Berikut ini adalah beberapa contoh kumpulan masakan khas dari beberapa daerah di Pulau Sumatera.


resep masakan

Aceh
Terkenal akan kuliner khasnya yang berbahan dasar mie mulai dari Mie Aceh Goreng hingga Mie Aceh Kuah. Mie ini biasanya disajikan dengan taburan irisan daging ataupun dari hewan laut dengan kuah yang pedas dan gurih.

Sumatera Barat
Rendang merupakan kuliner khas dari daerah ini. rendang merupakan masakan masakan yang terbuat dari bahan dasar daging dengan olahan santan kepala dan campuran bumbu dan rempah yang sangat khas.

Sumatera Selatan
Plembang merupakan kota yang terkenal akan sebutan kota Pempek, karena memang kuliner masakan khas daerah ini adalah Pempek. Pempek atau empek-empek merupakan kuliner yang terbuat dari adonan sagu dan ikan dengan saus cuka yang terbuat dari air rebusan gula merah yang dicampur dengan cabe rawit tumbuk, bawang putih, ebi dan garam.

Sumatera Utara
Kuliner khas Sumatera Utara yang menjadi salah satu maskot provinsi ini adalah masakan Bika Ambon. Rasa manis dan gurih menjadi ciri khas resep masakan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar